Posted by: rajaplagiat | August 21, 2010

Sriwijaya FC, Juara Piala Indonesia 2010

Sriwijaya FC, Juara Piala Indonesia 2010

Sriwijaya FC klub sepakabola asal Palembang yang masuk Divisi Utama adalah Juara Piala Indonesia. Sriwijaya FC menjadi juara Piala Indonesia 2010 setelah mengalahkan Arema Indonesia 2-1 pada pertandingan final di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.  Sebelumnya Sriwijaya FC adalah juara Divisi Utama Liga Indonesia 2007. Sriwijaya Football Club (disingkat Sriwijaya FC) adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang bermarkas di Palembang. Tim berjuluk Laskar Sriwijaya ini merupakan tim yang dimiliki oleh PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM) setelah terjadi penjualan opsi kepemilikan dari Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan. Presiden Sriwijaya saat ini adalah Doddy Alex Reza yang merupakan putra dari gubernur Sumsel, Alex Noerdin. Tim berkostum merah kuning bermotif songket ini memiliki dua kelompok suporter, S-Mania dan Singa Mania yang kemudian digabung menjadi Sumselmania. Sriwijaya FC adalah juara Divisi Utama Liga Indonesia 2007.

Logo berbentuk lingkaran bertuliskan Sumatera Selatan Bersatu Teguh mempunyai arti bahwa Sriwijaya FC dapat di gunakan sebagai salah satu sarana untuk mewujudkan kesatuan yang bulat dari seluruh masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan.

Komponen pendukung

  • singa mania
  • Real Suporter Sriwijaya FC⁠ Sriwijaya Mania Sumsel (SMS)
  • Suporter Sriwijaya FC⁠ Sriwijaya FC Mania ( SFC MANIA )⁠

Pelatih Sriwijaya FC

Mantan asisten pelatih Rahmad Darmawan Setyo Cipto resmi menjadi pelatih Sriwijaya Fooball Club Under-21 musim kompetisi 2010-2011, setelah melakukan penandatanganan kontrak kerja dengan manajemen klub, di Palembang, Selasa sore. Direktur Teknik PT Sriwijaya Optimis Mandiri selaku manajemen Sriwijaya Football Club (SFC) Hendri Zainuddin mengatakan, terpilihnya Setyo berdasarkan hasil rapat manajemen klub beberapa waktu lalu. “Memang sejak awal kami tidak akan melepaskan Setyo Cipto di Sriwijaya FC. Hanya saja di musim ini dinaikkan jabatan menjadi pelatih kepala SFC U-21,” ucap dia.

Dia melanjutkan, untuk sementara manajemen belum menentukan pelatih yang bertindak sebagai asisten Setyo, mengingat beberapa nama masih dalam tahap seleksi. “Ada beberapa nama yang sudah kami kantongi. Tapi, belum diputuskan dalam waktu dekat karena ini akan dibicarakan juga dengan Setyo yang akan berpatner langsung dengan seorang asisten,” ucap mantan manajer PS Banyuasin ini.  Setyo Cipto menyatakan siap memenuhi target manajemen SFC untuk menjuarai Liga U-21 musim depan. “Dalam mengikuti kompetisi kita harus memiliki target. Diberikan target juara saya siap, malahan ini menjadi tantangan buat saya secara pribadi,” ucap dia. Dia menginformasikan, dalam waktu dekat akan menginventarisir kembali skuat SFC U-21 musim lalu yang berkemungkinan untuk direkrut kembali. 

Ivan batal ?

Ivan Venkov Kolev dipastikan menjadi pelatih klub Sriwijaya Football Club (SFC) musim depan. Agen Ivan Kolev, Jules Denis Onana, seusai mengadakan pertemuan dengan manajemen SFC yang diwakili Direktur Teknik PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Hendri Zainuddin dan Sekretaris PT SOM Faisal Mursyid di kantor Sekretariat Sriwijaya Football Club Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (21/7) sore. Mereka membahas kontrak kerja pelatih asal Bulgaria ini.

 Ivan yang saat ini berstatus “free” berminat menukangi SFC setelah mendapat informasi Rahmad Darmawan dilepas. “Sebagai agen saya menawarkan ke manajemen SFC karena mendapat kabar Rahmad Darmawan dilepas. Sebenarnya banyak klub di Indonesia yang mendekati Ivan, seperti PSM dan Persela Lamongan, tapi dia lebih berminat ke SFC. Ketertarikan Ivan menukangi skuad “Laskar Wong Kito” karena tim ini memiliki ambisi besar untuk menjadi juara. “Sebagai pelatih yang pernah memegang timnas Indonesia, Ivan memiliki cita-cita besar untuk berprestasi di sini. Apalagi dia memang telah memahami situasi dan kondisi persepakbolaan Indonesia,” kata mantan pemain timnas Kamerun ini.

Ivan dalam mengarsiteki SFC akan didampingi seorang asisten yakni Vasile Kasdinov Pedrov (mantan pemain timnas Bulgaria). “Menggunakan asiten adalah keinginan Ivan Kolev sendiri, dan kebetulan manajemen SFC tidak berkeberatan memenuhinya. Asisten ini, Ivan sendiri yang membawanya dari Bulgaria,” ucap dia.Ivan selama beberapa hari ke depan akan berada di Palembang untuk memantau situasi dan kondisi kota, serta melihat langsung latihan punggawa SFC

Sriwijaya FC berencana mencari pemain usia muda dari berbagai provinsi di Indonesia untuk mendapatkan 24 pemain yang dibutuhkan. Hanya saja, dia mengaku, telah mengantongi dua nama yakni Risky dan Jeki yang dinyatakan lolos bergabung di SFC senior dalam seleksi bersama pelatih Ivan Kolev beberapa waktu lalu. Dua pemain itu dapat digunakan di tim junior meskipun memperkuat di tim senior, karena umurnya masih memenuhi standar. Sementara beberapa pemain SFC U-21 musim lalu yang juga tembus seleksi pemain senior, sangat disayangkan tidak dapat dimanfaatkan di tim junior karena usianya sudah di atas 21 tahun. Kemungkinan akan digelar seleksi pemain dalam waktu dekat bisa diikuti seluruh pesepakbola usia muda yang ada di Indonesia.

Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring yang berkapasitas 40.000 penonton ini merupakan stadion kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan. Stadion ini juga merupakan stadion terbesar ketiga di Indonesia. Stadion ini juga diakui sebagai salah satu stadion terbaik bertaraf internasional.

Mess Pertiwi

Mess Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang dikelola oleh Dharma Wanita Pemprov Sumsel digunakan sebagai mess para pemain dan staff pelatih, sehingga dapat menekan anggaran kebutuhan tim. Walaupun mess ini terletak di tengah kota, yaitu di Jl. Ba Salim Batubara Sekip Pangkal, tetapi mess ini tetap menimbulkan kesan asri sehingga menjadi kenyamanan tersendiri bagi penghuninya.

Sekretariat SFC

Sriwijaya FC memiliki sekretariat yang terletak di Kompleks Palembang Square Jl. Angkatan 45/Kampus POM IX No R 130. Sekretariat ini merupakan bangunan ruko tiga tingkat. Lantai satu digunakan untuk etalase dan pusat penjualan cendera mata & atribut Sriwijaya FC. Lantai dua merupakan pusat aktivitas manajemen, sedangkan lantai tiga digunakan sebagai tempat pertemuan/ruang rapat.

Prestasi Sriwijaya FC

  • 2005: Peringkat 12 Wilayah Barat (Pelatih: Henk Wulems, Herry Kiswanto, Suimin Diharja)
  • 2006: Peringkat 9 Wilayah Barat (Pelatih: Suimin Diharja)
  • 2007: Peringkat 1 Wilayah Barat (Pelatih: Rahmad Darmawan)
  • 2008: Double Winner pertama dalam sejarah sepak bola Indonesia
  • 2008: Juara Liga Indonesia XIII (Pelatih: Rahmad Darmawan)
  • 2008: Juara Copa Dji Sam Soe Indonesia III (Pelatih: Rahmad Darmawan)
  • 2008: Rekor MURI sebagai tim pertama di Indonesia yang mampu meraih Double Winner dalam 1 musim
  • 2008/2009: Juara Copa Dji Sam Soe IV (Pelatih: Rahmad Darmawan)
  • 2009/2010: Juara Piala Indonesia (Hattrick Pertama di indonesia) (Pelatih: Rahmad Darmawan)

Juara Piala Indonesia 2010

Sriwijaya FC menjadi juara Piala Indonesia 2010 setelah mengalahkan Arema Indonesia 2-1 pada pertandingan final di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (1/8) malam. Gol Sriwijaya tercipta lewat sundulan strikernya asingnya Keith Kayamba Gums pada menit 47 dan Pavel Solomin dan gol Arema Indonesia tercipta lewat kaki M. Ridhuan. Sejak pertandingan dimulai Sriwijaya Fc langsung menekan pertahanan Arema Indonesia yang dikawal oleh Irfan Raditya. Beberapa peluang langsung terjadi salah satunya lewat kerjasama antara Zah Rahan dengan Pavel Solomin. Namun tendangannya masih melambung diatas gawang.

Peluang tidak hanya diraih oleh Laskar Wong Kito, Arema Indonesia juga mendapat peluang lewat Noh Alamsyah maupun Roman Chmelo hanya saja upaya yang dilakukan belum mampu menciptakan gol. Unggul jumlah pemain membuat semangat anak asuh Rahmad Darmawan berbalik meningkatkan tempo permainan. Beberapa peluang terjadi baik lewat Pavel Solomin maupun Keith Kayamba. Namun demikian belum mampu menjebol gawang Kurnia Mega. Upaya untuk menciptakan gol terus dilakukan oleh tim dua kali juara Piala Copa Indonesia musim 2007/2008 dan 2008/2009 itu. Namun kuatnya pertahanan Arema masih belum mampu diterobos. Hingga peluit panjang tanda babak pertama usai ditiup wasit Jimmy Napitulu kedudukan sementara tetap 0-0.

Memasuki babak kedua serangan Sriwijaya FC ditingkatkan. Hasilnya berawal dari tendangan pojok sundulan Keith Kayamba Gums mampu menjebol gawang Kurnia Mega pada menit 47 sehingga merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Sriwijaya FC. Singo Edan Arema mampu menyamakan kedudukan lewat M. Ridhuan sehingga merubah kedudukan menjadi 1-1. Hingga peluit panjang ditiup wasit kedudukan tetap 2-1 untuk kemenangan Sriwijaya FC. Dengan kemenangan ini Laskar Wong Kito membukukan tiga kali juara Piala Indonesia yang sebelumnya bernama Piala Copa Indonesia.

Sementara itu pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan mengaku puas dengan hasil yang diraih anak asuhnya. Juara Piala Indonesia tahun ini merupakan prestasi terakhir sebelum melepas kepelatihannya di Laskar Wong Kito karena musim depan tidak melatih Arief Suyono dan kawan-kawan.

Prestasi di Liga Champions Asia

Prestasi di Piala AFC

Sponsor

Susunan pemain Sriwijaya FC  :

Ferry Rotinsulu (gk), Charis Yulianto, Ambrizal, Preciouse Emuejeraye, Isnan Ali (kk), Toni Sucipto, Zah Rahan, Ponaryo Astaman, Keith Kayamba Gums (c), Obiora dan Pavel Solomin.

No.   Posisi Nama pemain
1 Flag of Indonesia.svg GK Andi Irawan
12 Flag of Indonesia.svg GK Ferry Rotinsulu
Flag of Indonesia.svg GK Fauzal Mubarok
2 Flag of Indonesia.svg DF Imam Suprapto
3 Flag of Indonesia.svg DF A.A Ngurah Wahyu Trisnajaya
Flag of Brazil.svg DF Claudiano Alves
Flag of Indonesia.svg DF M. Ridwan
Flag of Indonesia.svg DF Rahmat Latief
Flag of Indonesia.svg DF Supardi
5 Flag of Indonesia.svg DF Bobby Satria
19 Flag of Indonesia.svg DF Ambrizal
22 Flag of Indonesia.svg DF Slamet Riyadi
24 Flag of Indonesia.svg DF Marthen Christian Warobay
25 Flag of Indonesia.svg DF Isnan Ali
 
No.   Posisi Nama pemain
28 Flag of Indonesia.svg DF Sulaiman Alamsyah Nasution
11 Flag of Indonesia.svg MF Ponaryo Astaman
Flag of Indonesia.svg MF Firman Utina
Flag of Indonesia.svg MF Mahyadi Pangabean
14 Flag of Indonesia.svg MF Arif Suyono
15 Flag of Indonesia.svg MF Amirul Mukminin
18 Flag of Indonesia.svg MF Oktavianus
13 Flag of Indonesia.svg FW Budi Sudarsono
9 Flag of Nigeria.svg FW Anoure Richad Obiora
17 Flag of Saint Kitts and Nevis.svg FW Keith Jerome Kayamba Gumbs Kapten
27 Flag of Indonesia.svg FW Mustopa Aji
23 Flag of Uzbekistan.svg FW Pavel Solomin
Flag of South Korea.svg FW Park Jung Hwan

 

Dari berbagai sumber

Audi Yudhasmara

KORAN ANAK INDONESIA, Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com

http://korananakindonesia.wordpress.com/

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2010, Koran Anak Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved

Filed under: 7.c.Olahraga Modern-Prestasi, 7.PIALA DUNIA-OLAHRAGA-PERMAINAN-REKREASI Tagged: Juara Piala Indonesia, Sriwijaya FC


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: