Posted by: rajaplagiat | August 21, 2010

CMnet, “Facebook” Muslim Jadi Alternatif Anak dan Remaja Indonesia

CMnet, ”Facebook” Muslim Jadi Alternatif Anak dan Remaja Indonesia

Anak dan remaja Indonesia akhirnya akan mendapatkan alternatif terbaik untuk melakukan pilihan selain menggunakan facebook atau twitter. Saat ini telah dirilis CMnet (cybermoslem.net) sebuah jejaring sosial yang disesuailkan dengan budaya Indonesia dan didominasi nuansa agama Islam. CMnet adalah situs jejaring sosial muslim pertama buatan Indonesia. CMnet mengusung konsep gabungan antara facebook dan twitter, pengguna seakan berada di Facebook,tapi dengan tampilan mirip twitter.  Pencipta situs jejaring sosial alternatif ini adalah  Dola Indra putra Agam yang berusia 25 tahun berasal dari  Sumatera Barat.
Pada mulanya pembuatan CMnet karena iseng akibat kejenuhan terhadap situs jejaring sosial facebook. Pembuatan CMnet selain sarana silaturahmi juga ingin menjadikannya sebagai situs jejaring sosial muslim canggih. Tampilan muka CMnet  didominasi tampilan berwarna hijau. Situs jejaring sosiak ini  merupakan situs pertemanan yang di luncurkan dengan sistem Open Source dan telah diedit terlebih dulu dengan server berada di Indonesia.
Sejak dirilis pada 1 Agustus 2010, CMnet mendapat perhatian luas dikalangan pengguna internet dan pemakai situs petemanan didunia maya. Didominasi tampilan berwarna hijau CMnet merupakan situs pertemanan yang di luncurkan dengan sistem opensource yang telah diedit dengan server berada di Indonesia. Memasuki hari keduabelas sejak dirilis, CMnet mendapat sambutan antusias dari pengguna internet. Hingga saat ini tercatat sudah ratusan orang menjadi pengguna.

Sempat menempuh pendidikan di Jurusan Kimia Universitas Andalas, Dolla belajar IT (informasi teknologi ) secara otodidak sejak SMA. “Tidak ada pendidikan khusus di bidang IT, hanya karena ketertarikan,” kata dia.  Sejak 2006 ia mendirikan perusahaan Cyber Moslem yang bergerak dibidang IT dan pembuatan web yang bergerak di Sumatera Barat . Ia berharap kedepan CMnet akan lebih berkembang dan menjadi sarana silaturahmi dan memperdalam wawasan keislaman, “tentunya setelah ada sponsor yang bersedia mendanai,” lanjutnya.

Cybermoslem.net baru beberapa saat launching sudah membuat sensasi yang cukup besar. Berbagai pengguna alat media maya sudah mulai banyak tertarik. Bahkan berbagai media nasional sudah mulai mengulas lebih detail performa situs jejaring sosial buatan anak Indonesia ini.  

Penggunan Media Sosial Cybermoslem ini relatif sangat  mudah.  Server yang digunakan CMnet juga berasal dari Indonesia, sehingga akses jejaring ini cukup cepat dan dapat diandalkan. Selain sebagai media tatap muka dan schating di dunia maya, cybermoslem juga menyediakan fitur yang tidak kalah saing dengan media internasional, Hosting server. Cybermoslem menyediakan hosting tanpa batas bagi siapapun yang berminat menyimpan foto atau video. Penggunaan video direkomendasikan untuk  menggunakan you tube.

Keuntungan dengan menggunakan server berlokasi di Indonesia adalah dalam hal untuk  menyimpan foto.  Foto merupakan hak milik dan hak cipta, bila terjadi sesuatu denga foto kita, maka  bisa langsung menemui adminnya untuk diselesaikan dengan baik-bail. .Selama ini media hosing foto internasional lainnya, tidak diketahui dengan jelas pengelolanya, pengurusnya, dan siapa  yang berada di belakangnya, serta alamat servernya.  Sementara itu Cybermoslem menyediakan hosting atau space tanpa batas guna menyimpan foto kita. Space Unlimited masih jarang dimiliki oleh penyedia hosting. Bahkan Picasaweb, hosting penyimpan foto kepunyaan Google sendiri tidak unlimited, begitu juga Flickr. Walaupun memang tidak bisa berhunungan langsung  dan tidak bisa untuk “embedd html” dengan blog atau website lainnya.  Paling tidak hal  ini sudah sebuah revolusi hosting yang cukup representatif bagi netter yang suka nyimpan foto-foto. Yang lebih penting situs ini jadi alternatif utama situs jejaring sosial yang dilatar belakangi budaya nasional dan bernuansa Islami.

Situs jejaring sosial CMnet buatan anak Indonesia ini bisa diakses dengan alamat www.cybermoslem,net.

Dari berbagai sumber

Audi Yudhasmara

KORAN ANAK INDONESIA, Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com

http://korananakindonesia.wordpress.com/

 

 

 

 

Copyright © 2010, Koran Anak Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved

Filed under: 1-PENDIDIKAN, 1.j.Pendidikan Agama Islam, 4-INFORMASI, 4.a.anak, 4.b.remaja, 5-TEKNOLOGI, 5.a.Teknologi Informasi-Internet, 5.c.Teknologi Terkini, 5.d.Komputer, 5.f.Teknologi Komunikasi, 9A-GAYA HIDUP, 9A.d.Tongkrongan, 9E-BUDAYA DAN KEBUDAYAAN, 9E.a.Budaya Indonesia Tagged: “Facebook” Muslim Jadi Alternatif Anak dan Remaja Indonesia, CMnet


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: