Posted by: rajaplagiat | August 20, 2010

Kecanggihan Teleskop Mengungkap Rahasia Alam Semesta

Kecanggihan Teleskop Mengungkap Rahasia Alam Semesta

Kecanggihan teleskop astronomi semakin luar biasa. berbagai temuan batu teknologi terkini semakin menguak rahasia alam semesta yang belum pernah diketahui manusia sebelumnya. Teleskop terbaru yang sedang dikembangkan adalah Large Synoptic Survey Telescope (LSST) yang akan dipakai untuk merekam seluruh bagian langit secara berkelanjutan. Banyak sekali peristiwa yang terjadi setiap malam dan sebelumnya tidak seorang pun mampu melacak dan mendeteksinya.  Proyek LSST ini berpusat di Tucson, Arizona, AS dan didistribusikan ke 23 universitas, laboratorium, dan institusi penelitian.

Proyek tersebut akan dibangun di wilayah Ceero Pachon, bagian utara Chili yang berada pada ketinggian 2.700 meter. Teleskop mampu merekam langit setiap 15 detik sekali dan kamera yang menyertainya dapat menghasilkan gambar dalam 2detik. Dengan fasilitas ini, seluruh sudut langit dapat terekam setiap 3 hari sekali. LSST benar-benar teleskop Internet, yang akan merekam terabyte data setiap malam untuk dipakai siapapun yang ingin mengeksplorasinya.

Teleskop Raksasa Rekam Objek Pertama

Sementara itu teleskop optik raksasa yang dibangun di Arizona, AS sukses merekam objek pertama menggunakan dua cermin untuk pertama kalinya. Foto tersebut memperlihatkan galaksi spiral NGC 2770 yang berada pada jarak 102 juta tahun cahaya dari Galaksi Bima Sakti dalam resolusi tinggi. Teleskop senilai 120 juta dollar AS itu menggunakan dua cermin ganda  sekaligus, masing-masing berdiameter 8,4 meter, untuk memaksimalkan paparan cahaya yang dikumpulkannya. Hal tersebut dapat merekam objek yang berjarak sangat jauh. Resolusi gambar yang dapat dihasilkannya mencapai 10 kali lipat kemampuan teleskop Hubble yang hanya membawa cermin berdiameter 2,4 meter.

“Foto-foto yang akan dihasilkan teleskop ini tidak akan pernah dilihat sebelumnya,” ujar Profesor Peter Strittmatter dari Universitas Arizona, AS. Sebab, teleskop tersebut sanggup merekam sebuah objek dengan variasi panjang gelombang yang lebih lengkap. Kombinasi citra ultraviolet dan cahaya hijau akan menghasilkan foto daerah tak beraturan saat bintang-bintang panas yang baru terbentuk. Sementara kombinasi citra dari gelombang cahaya merah akan menunjukkan bintang-bintang yang lebih tua dan lebih dingin.  LBT diperasikan dari Gunung Graham di wilayah tenggara Arizona.

Galaksi Terjauh  Terekam Teleskop

Sedangkan teleskop canggih lainnya yang berada di ruang angkasa Hubble dan teleskop Spitzer dapat  merekam galaksi tertua dan terjauh di alam semesta. Galaksi tersebut diperkirakan terbentuk sejak 13 miliar tahun lalu. Galaksi yang diberi nama A1689-zD1 terbentuk saat alam semesta baru berusia sekitar 700 juta tahun. Ia termasuk di antara galaksi-galaksi yang pertama kali terbentuk. Bentuknya berbeda sekali dengan galaksi Bimasakti. “Ukurannya lebih kecil. Ia tipis. Ia memiliki dua pusat bukan satu dan memiliki formasi bintang-bintang yang ekstrim,” kata Holland Ford, profesor astronomi dari Johns Hopkins University, AS, seperti dilansir AP. Galaksi itu tepatnya diperkirakan berada pada jarak 12,8 miliar tahun cahaya atau setara dengan 0,121088 quadrillion kilometer. (1 tahun cahaya = 9.467.280.000.000 kilometer) Untuk melihat objek sejauh itu, para astronom menggunakan trik yang disebut lensa galaksi. Sekelompok galaksi yang lebih dekat dengan Bumi membentuk lensa yang memperkuat daya pandang teleskop.

Gaya gravitasi yang kuat di sekitar kluster galaksi akan membelokkan cahaya yang datang dari belakangnya sehingga menimulkan efek pembesaran jika objek dilihat dari Bumi. Dalam pengamatan kali ini, galaksi tertua terlihat 10 kali lebih dekat dengan efek tersebut.  Meski hanya dalam gambar hitam putih dan buram, rekaman ini merupakan foto paling jelas untuk melihat objek sejauh itu. Dengan teleskop lebih canggih, termasuk penerus Hubble yang akan diluncurkan pada 2013, objek-objek seperti ini akan menarik untuk dipelajari

dari berbagai sumber

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA TENTANG PENGETAHUAN ALAM SEMESTA, TATA SURYA DAN ILMU ASTRONOMI LAINNYA

 

Sandiaz Yudhasmara
KORAN ANAK INDONESIA
http://koranakindonesia.wordpress.com

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat Phone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com 

Koran Anak Indonesia  Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved

Filed under: 1.a.Matematika


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: