Posted by: rajaplagiat | August 17, 2010

4 Kunci Sukses Bangsa Korea Yang Harus Diteladani Generasi Baru Indonesia

4 Kunci Sukses Bangsa Korea Yang Harus Diteladani Generasi Baru Indonesia

Korea adalah salah satu negara Rising Star di Asia mendampingi Jepang.  Kehebatan dan kemajuan bangsa Korea di segala bidang harus dicermati rahasiannya. Dimanapun teladan kebaikan terjadi  dan siapapun pemilik teladan itu hendaknya patut dijadikan pengalaman dan masukan untuk meningkatkan kualitas bangsa ini yang semakin jauh tertinggal dibandingkan bangsa lain di kawasan Asia. Sejak tahun 1970 negara Ginseng ini membanngun karakter bangsanya untuk menciptakan etos kerja yang hebat sehingga menghasilkan berbagai prestasi mengagumkan di segala bidang.

Menurut Profesor Koh Young Hun terdapat 4 sikap dari bangsa Korea yang harus ditiru generasi baru di  Indonesia untuk bisa lebih maju lagi dan tidak semakin tetinggal diantara bangsa-bangsa lainnya yang mulai tumbuh pesat di Asia.

  1. Sikap self-help, yaitu sikap mandiri dan sebagai bentuk kepercayaan diri. Sikap mandiri dan kepercayaan diri yang tinggi ini adalah sikap yang harus dikedepankan. Dalam setiap melangkah generasi baru Indonesia tidak boleh ragu akan kemampuannya. Sikap mandiri yang kuat akan menjadikan perilaku yang kuat dalam menghadapi tantangan dan hujatan kala seseorang ingin menjadi besar.
  2. Sikap rajin bekerja tanpa banyak bicara. Menyelesaikan pekerjaan betapapun kecilnya. Rajin, tekun dan terus berkarya tanpa banyak bicara adalah perilaku yang harus mendominasi generasi baru bangsa ini. Sikap saling menyalahkan, mencari kesalahan, mencari kelemahan dan menganggap yang lain buruk dan lemah hanya akan membuang-buang waktu dan membuat seseorang berjalan mundur tanpa karya. Sikap bangsa ini yang selalu hanya bisa saling menyalahkan dan mencari kesalahan orang lain membuat seseorang hanya bergunjing dan tidak pernah berkarya dan berkreatifitas.
  3. Sikap hemat, sebagai bentuk dari rajin bekerja dan menghargai hasil yang didapat.  Bersikap hemat dan mengurangi sifat konsumerisme yang membuat boros dan lebih mengandalkan penapilan daripada prestasi. Penampilan memang harus hebat tetapu tidak harus dengan kemewahan yang memboroskan. Memakai uang hasil keringat sndiri adalah jauh lebih baik daripada berfoya-foya menggunkan fasilitas orang tua.
  4. Sikap kooperasi, saling bekerjasama. Kerjasama dan saling mendukung adalah sikap yang tidak boleh ditinggalkan. Dengan bekerja dan berpikir bersama maka kekuatan akan bertambah seratus kali kali. Kerjasama dibentuk bukan mendominasi dalam menghadapi setiap tantangan.  

Artikel Terkait lainnya

  

 Audi Yudhasmara 

KORAN ANAK INDONESIA, Yudhasmara Publisher 

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646 

email : judarwanto@gmail.com 

http://korananakindonesia.wordpress.com/ 

Koran Anak Indonesia  Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved

Filed under: 1-PENDIDIKAN, 1.e.Moral-etika, 1.l.Pendidikan kebangsaan, Kiat Sukses, Tips dan Cara Tagged: 4 Kunci Sukses Bangsa Korea Yang Harus Diteladani Generasi Baru Indonesia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: